KERANGKA ACUAN KERJA
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA TOKO DUNIA PALEMBANG
Oleh :
Herdianto Naufal Farras 5113100177
M. Syaiful Jihad 5113100022
Dosen :
Fajar Baskoro, S.Kom, M.T.
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
2016
A. KERANGKA ACUAN KERJA
(KAK)
1.
LATAR
BELAKANG
Penjualan berbasis e-commerce tidak lagi asing bagi sebuah
perusahaan baik perusahaan dagang maupun perusahaan jasa. Hal ini disebabkan
banyak perusahaan telah menggangap dengan adanya fitur e-commerce dapat memberikan keuntungan secara finansial maupun non
finansial contohnya loyalitas pelanggan terhadap perusahaan meningkat, dalam
hal ini pelayanan dan penyampaian informasi yang lebih efektif. Sama halnya
dengan perusahaan jasa adanya e-commerce
mampu meningkatkan pelayanan jasa yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Namun
tidak semua perusahaan telah menerapkan ataupun memanfaatkan adanya e-commerce tersebut. Salah satu
contohnya adalah perusahaan dagang Toko Dunia. Saat ini perusahaan tersebut
masih memanfaatkan sistem penjualan yang konvensional dalam hal ini pelanggan
langsung ke perusahaan untuk melakukan pembelian barang.
Dengan sistem yang konvensional
sering kali perusahaan mengalami berbagai masalah dalam hal penjualan barang
untuk pasar yang lebih luas seperti pemasaran barang terhadap pelanggan yang
berada di luar kota maupun di dalam kota. Hal ini disebabkan karena penyampaian
informasi tentang penjualan perusahaan belum mampu diakses oleh seluruh
pelanggan yang ada di Indonesia, padahal perusahaan dagang Toko Dunia telah
memiliki beberapa pelanggan yang berasal dari luar daerah. Dengan adanya
masalah tersebut perusahaan Toko Dunia sangat merasakan dampaknya dalam hal
finansial maupun non finansial seperti keuntungan yang tidak maksimal,
loyalitas pelanggan yang kurang, daya saing perusahaan kurang maksimal dan lain
sebagainya.
Berdasarkan masalah tersebut
maka penulis tertarik untuk membangun sebuah aplikasi penjualan berbasis e-commerce yang nantinya mampu
meminimalisi masalah yang ada serta meningkatkan identitas perusahaan agar
dikenal oleh masyarakat luas.
2.
MAKSUD
DAN TUJUAN
1. Membangun
sebuah aplikasi penjualan berbasis e-commerce,
dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan pada website Toko Dunia.
2. Membantu
perusahaan Toko Dunia dalam meningkatkan penjualan baik didalam maupun diluar
area Palembang.
3.
Perusahaan dapat lebih mudah dalam pemberian
informasi kepada pelanggan khususnya yang berada diluar area palembang yang
nantinya berpengaruh pada peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan
terhadap perusahaan.
3. SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya aplikasi e-commerce demi membantu perusahaan Toko
Dunia dalam meningkatkan penjualan baik didalam maupun diluar area palembang.
4. NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
Toko Dunia
Palembang
5. SUMBER PENDANAAN
Dana modal perusahaan
Toko Dunia Palembang Rp 70.000.000
6. LINGKUP, LOKASI KEGIATAN, DATA DAN
FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
1.
Lingkup Kegiatan :
i. Pengembangan
Modul-modul utama dari aplikasi e-commerce
yang berbasis web sebagai berikut :
1.
Hak akses : modul untuk perbedaan hak akses.
2.
Pesanan : modul untuk memesan barang yang
dibutuhkan.
3.
Pelanggan : modul untuk mengubah dan mencari
pelanggan.
4.
Pengguna : modul untuk mencari, menghapus dan
menambahkan pengguna.
5.
Promo : modul untuk melihat promo yang ada.
6.
Berita : modul untuk melihat berita seputar Toko
Dunia Palembang.
7.
Keranjang : modul untuk melihat barang yang
ingin dibeli.
8.
Profil : modul untuk mengubah profil pelanggan.
9.
Kritik Saran : modul untuk menambahkan kritik
dan saran.
10.
Laporan : modul untuk melihat laporan pesanan
dan laporan penjualan.
11. Produk
: modul untuk memasukkan produk yang ingin dijual.
ii. Pengembangan
Database yang dapat mendukung modul yang dikembangkan pada poin i.
1.
Pengembangan Struktur Database
2.
Pengembangan Database Relationship
iii. Membuat
dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk aplikasi e-commerce yang dibangun meliputi :
1. User
Requirement,
2. User
Interface,
3. Migrasi
data,
4. Testing
(Case Test, Unit Test, Integration Test,
Acceptance Test)
5. Database
Dictionary,
6. Database
Security,
7. Security
Level,
8.
Form Input/Output
9.
Source Code yang dapat dipahami dengan mudah
oleh pengguna jasa.
10.
User Manual.
iv. Validasi
dan normalisasi data yang sudah ada, dengan jumlah ± 35.000 data.
v. - Server (spesifikasi terlampir)
-
IP public dan Domain tokodunia.com
2.
Lokasi Kegiatan
Jalan Sentot Ali Basah No. 972, Palembang.
3.
Data dan Fasilitas Penunjang
i. Penyediaan
oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa
yang dapat digunakan dan harus
dipelihara oleh penyedia jasa :
1.
Akomodasi dan Ruangan Kantor
-
Ruangan dan Hotspot
2.
Staf Pengawas/Pendamping
-
2 (dua) orang counterport
ii. Penyediaan
oleh penyedia jasa
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua
fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan
pekerjaan.
-
Meja
-
Personal Computer atau laptop/note book
-
Minimal dua orang harus bekerja di kantor Toko
Dunia Palembang hingga proyek selesai/sempurna.
4.
Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat,
diskusi, dan seminar (miniworkshop)
terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi.
7. METODOLOGI
Metodologi dan Pendekatan yang
dipergunakan dalam pembuatan Aplikasi e-commerce
adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi real pada
umumnya.
8. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini
adalah selama ± 65 (enam puluh lima) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu
pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
9. KUALIFIKASI
Kualifikasi yang diharuskan dipenuhi
oleh Penyedia Jasa adalah :
1.
Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan
Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Toko Dunia Palembang.
2. Memiliki
latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan
Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan
aplikasi.
3. Pernah
menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi untuk
lima organisasi berbeda.
4. Memiliki
pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan
Aplikasi.
5. Memiliki
kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
6. Memiliki
production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
7. Memiliki
metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
8. Sanggup
untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang /jasa secara sempurna selama
satu tahun sejak serah terima.
9. Memiliki
komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis,
dan Tim IT Toko Dunia Palembang.
10. Memiliki
komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Toko Dunia
Palembang.
11.
Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung
jawab dan jadwal pekerjaan.
10. TENAGA AHLI
Tenaga ahli yang diperlukan untuk
melaksanakan pekerjaan ini adalah :
a.
Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata
satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi
A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi
sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah
memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan
pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
b.
Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana
Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi
negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang
berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak
komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
c.
Programmer/Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya
setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang
terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga)
tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
d.
Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara
Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang
terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua)
tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
e.
Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata
satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi
A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
11. KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari
pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
1. Perangkat
lunak Aplikasi e-commerce yang dapat
dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani seluruh transaksi yang terkait
dengan kegiatan jaul beli pada Toko Dunia Palembang;
2. Dokumentasi
yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas
pada requirement, desain sistem,
konfigurasi sistem dan arsitektur program;
3. Program
dengan source Code;
4. Dokumentasi
seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual;
5. Dokumentasi
SOP (system operating procedure) maupun SMP (system maintenance procedure);
6. Instalasi
aplikasi dan migrasi data;
7. Pelatihan,
pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.
Media untuk dokumentasi pada proyek
ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam
dokumentasi dalam bentuk softcopy
adalah menggunakan standar format Windows
Office dan/atau PDF. Dokumen yang
diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah
dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.
12. LAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna
jasa adalah :
a.
Laporan Pendahuluan, berisi :
1.
Rencana kerja penyedia jasa secara
menyeluruh;
2.
Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya;
3.
Jadwal kegiatan penyedia jasa.
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK
diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan
b.
Laporan Mingguan, berisi :
1.
Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing
anggota tim pengembangan aplikasi;
2.
Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada)
kendalakendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut;
3.
Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone
ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan;
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya hari selasa setiap minggu sebanyak 1 (satu)
buah laporan.
c.
Laporan Akhir, berisi :
1.
Laporan pendahuluan;
2.
Laporan Mingguan;
3.
Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan
proyek pengembangan sistem ini sebagaimana dimaksud pada point 6 dan 11.
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak
SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buku
laporan dan CD berisi seluruh laporan sebanyak 3 (tiga) buah.
Link Dokumen : http://eprints.mdp.ac.id/986/1/10fickyjurnal.pdf
Link Dokumen : http://eprints.mdp.ac.id/986/1/10fickyjurnal.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar