Minggu, 13 Maret 2016

Kerangka Acuan Kerja Perancangan dan Pembuatan E-Commerce Berbasis Website pada Toko Dunia Palembang


KERANGKA ACUAN KERJA

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA TOKO DUNIA PALEMBANG




Oleh :
Herdianto Naufal Farras     5113100177
M. Syaiful Jihad                   5113100022



Dosen :
Fajar Baskoro, S.Kom, M.T.




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
2016



A. KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

1.     LATAR BELAKANG
Penjualan berbasis e-commerce tidak lagi asing bagi sebuah perusahaan baik perusahaan dagang maupun perusahaan jasa. Hal ini disebabkan banyak perusahaan telah menggangap dengan adanya fitur e-commerce dapat memberikan keuntungan secara finansial maupun non finansial contohnya loyalitas pelanggan terhadap perusahaan meningkat, dalam hal ini pelayanan dan penyampaian informasi yang lebih efektif. Sama halnya dengan perusahaan jasa adanya e-commerce mampu meningkatkan pelayanan jasa yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Namun tidak semua perusahaan telah menerapkan ataupun memanfaatkan adanya e-commerce tersebut. Salah satu contohnya adalah perusahaan dagang Toko Dunia. Saat ini perusahaan tersebut masih memanfaatkan sistem penjualan yang konvensional dalam hal ini pelanggan langsung ke perusahaan untuk melakukan pembelian barang.

Dengan sistem yang konvensional sering kali perusahaan mengalami berbagai masalah dalam hal penjualan barang untuk pasar yang lebih luas seperti pemasaran barang terhadap pelanggan yang berada di luar kota maupun di dalam kota. Hal ini disebabkan karena penyampaian informasi tentang penjualan perusahaan belum mampu diakses oleh seluruh pelanggan yang ada di Indonesia, padahal perusahaan dagang Toko Dunia telah memiliki beberapa pelanggan yang berasal dari luar daerah. Dengan adanya masalah tersebut perusahaan Toko Dunia sangat merasakan dampaknya dalam hal finansial maupun non finansial seperti keuntungan yang tidak maksimal, loyalitas pelanggan yang kurang, daya saing perusahaan kurang maksimal dan lain sebagainya.

Berdasarkan masalah tersebut maka penulis tertarik untuk membangun sebuah aplikasi penjualan berbasis e-commerce yang nantinya mampu meminimalisi masalah yang ada serta meningkatkan identitas perusahaan agar dikenal oleh masyarakat luas.

2.     MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Membangun sebuah aplikasi penjualan berbasis e-commerce, dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan pada website Toko Dunia.
2.      Membantu perusahaan Toko Dunia dalam meningkatkan penjualan baik didalam maupun diluar area Palembang.
3.      Perusahaan dapat lebih mudah dalam pemberian informasi kepada pelanggan khususnya yang berada diluar area palembang yang nantinya berpengaruh pada peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

3.      SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya aplikasi e-commerce demi membantu perusahaan Toko Dunia dalam meningkatkan penjualan baik didalam maupun diluar area palembang.

4.      NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
Toko Dunia Palembang


5.      SUMBER PENDANAAN
Dana modal perusahaan Toko Dunia Palembang Rp 70.000.000

6.      LINGKUP, LOKASI KEGIATAN, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
1.      Lingkup Kegiatan :
                                i.     Pengembangan Modul-modul utama dari aplikasi e-commerce yang berbasis web sebagai berikut :
1.      Hak akses : modul untuk perbedaan hak akses.
2.      Pesanan : modul untuk memesan barang yang dibutuhkan.
3.      Pelanggan : modul untuk mengubah dan mencari pelanggan.
4.      Pengguna : modul untuk mencari, menghapus dan menambahkan pengguna.
5.      Promo : modul untuk melihat promo yang ada.
6.      Berita : modul untuk melihat berita seputar Toko Dunia Palembang.
7.      Keranjang : modul untuk melihat barang yang ingin dibeli.
8.      Profil : modul untuk mengubah profil pelanggan.
9.      Kritik Saran : modul untuk menambahkan kritik dan saran.
10.   Laporan : modul untuk melihat laporan pesanan dan laporan penjualan.
11.   Produk : modul untuk memasukkan produk yang ingin dijual.

                              ii.     Pengembangan Database yang dapat mendukung modul yang dikembangkan pada poin i.
1.      Pengembangan Struktur Database
2.      Pengembangan Database Relationship

                                 iii.     Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk aplikasi e-commerce yang dibangun meliputi :
1.      User Requirement,
2.      User Interface,
3.      Migrasi data,
4.      Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
5.      Database Dictionary,
6.      Database Security,
7.      Security Level,
8.      Form Input/Output
9.      Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa.
10.   User Manual.

                                 iv.     Validasi dan normalisasi data yang sudah ada, dengan jumlah ± 35.000 data.

                                 v.     -      Server (spesifikasi terlampir)
         -        IP public dan Domain tokodunia.com

2.      Lokasi Kegiatan
 Jalan Sentot Ali Basah No. 972, Palembang.

3.      Data dan Fasilitas Penunjang
                                             i.     Penyediaan oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang  dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa :
1.      Akomodasi dan Ruangan Kantor
-        Ruangan dan Hotspot
2.      Staf Pengawas/Pendamping
-        2 (dua) orang counterport

                                            ii.     Penyediaan oleh penyedia jasa
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan.
-        Meja
-        Personal Computer atau laptop/note book
-        Minimal dua orang harus bekerja di kantor Toko Dunia Palembang hingga proyek selesai/sempurna.

4.      Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi.

7.      METODOLOGI
Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan Aplikasi e-commerce adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi real pada umumnya.

8.      JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama ± 65 (enam puluh lima) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.

9.      KUALIFIKASI
Kualifikasi yang diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah :
1.      Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Toko Dunia Palembang. 
2.      Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi.
3.      Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi untuk lima organisasi berbeda.
4.      Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
5.      Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
6.      Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
7.      Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
8.      Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang /jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
9.      Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis, dan Tim IT Toko Dunia Palembang.
10.   Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Toko Dunia Palembang.
11.   Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.

10.   TENAGA AHLI
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
a.      Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.

b.      Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.

c.      Programmer/Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.

d.      Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.

e.       Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.

11.   KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
1.     Perangkat lunak Aplikasi e-commerce yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani seluruh transaksi yang terkait dengan kegiatan jaul beli pada Toko Dunia Palembang;
2.     Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program;
3.     Program dengan source Code;
4.     Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual;
5.     Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system maintenance procedure);
6.     Instalasi aplikasi dan migrasi data;
7.     Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.

Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.

12.   LAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah :
a.      Laporan Pendahuluan, berisi :
1.      Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh; 
2.      Mobilisasi tenaga ahli  dan tenaga pendukung lainnya;
3.      Jadwal kegiatan penyedia jasa.
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan

b.      Laporan Mingguan, berisi :
1.      Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi;
2.      Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada) kendalakendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut;
3.      Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan;
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya hari selasa setiap minggu sebanyak 1 (satu) buah laporan.

c.      Laporan Akhir, berisi :
1.      Laporan pendahuluan;
2.      Laporan Mingguan;
3.      Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan proyek pengembangan sistem ini sebagaimana dimaksud pada point 6 dan 11.
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan  sebanyak 3 (tiga) buku laporan dan CD berisi seluruh laporan sebanyak 3 (tiga) buah.


Link Dokumen : http://eprints.mdp.ac.id/986/1/10fickyjurnal.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar