MANAJEMEN WAKTU
Manajemen Waktu Proyek Website E-Commerce Toko Dunia Palembang
Ahmad Syaiful 5113100022
Herdianto Naufal
Farras 5113100177
MPPL F
Teknik Pengembangan yang dipilih : Teknik RUP (Rational Unified Process)
Cara Kerja : RUP
bukanlah suatu proses tunggal dengan aturan yang konkrit, melainkan suatu
kerangka proses yang dapat diadaptasi dan dimaksudkan untuk disesuaikan oleh
organisasi pengembang dan tim proyek perangkat lunak yang akan memilih elemen
proses sesuai dengan kebutuhan mereka.
Catatan : penjadwalan
pada tugas ini sangat dimungkinkan untuk tidak sesuai dengan tugas Project
Charter yang sebelumnya dibuat, karena pada tugas sebelumnya hanya dilakukan
perkiraan kasarnya saja (saat itu diperkirakan proyek ini akan selesai dalam
kisaran 2 bulan, dan saat dihitung lebih lanjut dengan cara yang baru saja
diajarkan, didapatkan waktu estimasi lebih dari 2 bulan).
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Definisi Aktifitas
Mindmap WBS :
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Maka dari mindmap
tersebut dapat didaftar aktifitas yang harus dilakukan diantaranya:
Daftar
Aktifitas yang Harus Dilakukan
|
Menghubungi Stakeholder dan
Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
|
Melakukan wawancara kepada stakeholder
terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
|
Menggali informasi proses bisnis
pada data toko dunia palembang
|
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
|
Mendifinisikan kebutuhan sistem
|
Memilih kebutuhan apa saja yang
akan ada pada website e-commerce toko dunia palembang
|
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan
yang sudah kita analisis kepada stakeholder
|
Membuat dokumen kebutuhan yang
berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
|
Membuat prototype website
e-commerce toko dunia palembang
|
Menunjukan hasil prototype kepada
stakeholder
|
Mencatat hasil evaluasi prototype
dari stakeholder
|
Implementasi sistem dari hasil
prototype yang disetujui stakeholder
|
Implementasi interface dari hasil
prototype yang disetujui stakeholder
|
Penggabungan sistem dan interface
|
Uji Coba aplikasi oleh developer
dan stakeholder
|
Evaluasi kepada stakeholder
|
Melakukan perubahan apabila ada
kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
|
Mencari jasa hosting
|
Membeli jasa hosting
|
Mendeploy website e-commerce toko
dunia palembang
|
Uji coba server terlebih dahulu
oleh developer
|
Pembuatan skenario pengujian
|
Melakukan testing oleh stakeholder
sesuai dengan skenario pengujian
|
Melakukan perbaikan bila terjadi
gangguan
|
Perencanaan pembuatan tim support
|
Perencanaan tugas tim support
|
Pemilihan anggota tim support
|
Menjalankan tim
support
|
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Pengurutan aktivitas
Segala aktivitas yang
telah didaftar pada poin 1, kemudian disusun secara sekuensial dari awal dan
mengelompokkan tiap-tiap aktivitas menjadi Tahap dan Milestones. Keterangan :
kalimat cetak tebal adalah nama proyek, tahap, dan sub tahap tergantung dengan
indentasi. Sementara kalimat cetak normal adalah milestones dari setiap tahap.
Daftar
Aktifitas yang Harus Dilakukan
|
Website
E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
Konsep
|
Mendifinisakan Kebutuhan
|
Menghubungi Stakeholder dan
Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
|
Melakukan wawancara kepada
stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
|
Menggali informasi proses bisnis
pada data toko dunia palembang
|
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
|
Mendifinisikan kebutuhan sistem
|
Analisis Kebutuhan
|
Memilih kebutuhan apa saja yang
akan ada pada website e-commerce toko dunia palembang
|
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan
yang sudah kita analisis kepada stakeholder
|
Membuat dokumen kebutuhan yang
berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
|
Pembuatan Prototype
|
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
|
Membuat prototype sistem informasi
reservasi
|
Evaluasi Prototype Kepada
Stakeholder
|
Menunjukan hasil prototype kepada
stakeholder
|
Mencatat hasil evaluasi prototype
dari stakeholder
|
Implementasi Sistem
|
Implementasi sistem dari hasil
prototype yang disetujui stakeholder
|
Implementasi interface dari hasil
prototype yang disetujui stakeholder
|
Penggabungan sistem dan interface
|
Uji Coba aplikasi oleh
developer dan stakeholder
|
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
|
Evaluasi kepada stakeholder
|
Melakukan perubahan apabila ada
kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
|
Roll Out
|
Mencari jasa hosting
|
Membeli jasa hosting
|
Mendeploy website e-commerce toko
dunia palembang
|
Uji coba server terlebih dahulu
oleh developer
|
Testing
|
Pembuatan skenario pengujian
|
Melakukan testing oleh stakeholder
sesuai dengan skenario pengujian
|
Melakukan perbaikan bila terjadi
gangguan
|
Support
|
Perencanaan pembuatan tim support
|
Perencanaan tugas tim support
|
Pemilihan anggota tim support
|
Menjalankan tim
support
|
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Estimasi sumber
daya aktivitas (sesuai dengan Project Charter)
a. Bahan
i. Dokumen SKPL
ii. Dokumen DPPL
b. Tenaga kerja
i. Project manager
ii. Web Developer
iii. Web designer
iv. Database developer
vi. Dokumentator
vii. Tester
viii. stakeholder
c. alat
i. hardware
1. PC/ Laptop
2. Server
ii. Software
1. Ms Visual Studio
2. Brackets
3. Proto.io
4. Ms Office
5. phpMyAdmin Database
6. Xampp
Detail tanggung jawab untuk setiap kegiatan dapat dilihat pada
tabel berikut:
Kegiatan
|
Owner/Prime
|
Due Date/Sequence
|
Interview kebutuhan
dari stakeholder Toko Dunia Palembang
|
Project Manager,
Stakeholder Toko Dunia Palembang
|
Melakukan wawancara
kebutuhan website dari owner Toko Dunia Palembang
|
Fitur-fitur website
yang akan dibuat
|
Programmer,
Stakeholder, Project Manager
|
Tim programmer,
project manager, dan stakeholder akan mendiskusikan mengenai fitur yang akan
dibuat di website.
|
Melakukan desain
Interface sesuai kebutuhan
|
Programmer,
Stakeholder
|
Membicarakan tentang
tampilan website yang akan dibuat.
|
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Estimasi durasi
aktivitas
Durasi setiap
aktivitas diestimasi berdasar kesulitannya dan kerumitan antar yang bertanggung
jawab. Aktivitas yang hanya dipegang oleh satu pihak tentu lebih cepat daripada
aktivitas yang berhubungan dengan berbagai pihak.
Daftar
Aktifitas yang Harus Dilakukan
|
Durasi
(HARI)
|
Website
E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
65
|
Konsep
|
|
Mendifinisakan Kebutuhan
|
7
|
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk
Bertemu
|
1
|
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan
apa saja yang ada pada sistem
|
1
|
Menggali informasi proses bisnis pada Website E-Commerce
Toko Dunia Palembang
|
1
|
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
|
2
|
Mendifinisikan kebutuhan sistem
|
2
|
Analisis Kebutuhan
|
5
|
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Website
E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
1
|
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis
kepada stakeholder
|
2
|
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan
penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
|
2
|
Pembuatan Prototype
|
|
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
|
7
|
Membuat prototype Website E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
7
|
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
|
2
|
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
|
1
|
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
|
1
|
Implementasi Sistem
|
25
|
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui
stakeholder
|
10
|
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui
stakeholder
|
10
|
Penggabungan sistem dan interface
|
3
|
Uji Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
|
2
|
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
|
4
|
Evaluasi kepada stakeholder
|
2
|
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah
disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
|
2
|
Roll Out
|
5
|
Mencari jasa hosting
|
1
|
Membeli jasa hosting
|
1
|
Mendeploy Website E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
2
|
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
|
1
|
Testing
|
5
|
Pembuatan skenario pengujian
|
1
|
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
|
1
|
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
|
3
|
Support
|
5
|
Perencanaan pembuatan tim support
|
2
|
Perencanaan tugas tim support
|
2
|
Pemilihan anggota tim support
|
1
|
Menjalankan tim
support
|
0
|
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
5. Pengembangan jadwal
NO
|
Daftar
Aktifitas yang Harus Dilakukan
|
Durasi
(HARI)
|
Mulai
|
Selesai
|
Predecessors
|
1
|
Website E-Commerce Toko Dunia Palembang
|
65
|
21
Maret 2016
|
25
Mei 2016
|
|
2
|
Konsep
|
12
|
21
Maret 2016
|
3
April 2016
|
|
3
|
Mendefinisakan Kebutuhan
|
7
|
21
Maret 2016
|
28
Maret 2016
|
|
4
|
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk
Bertemu
|
1
|
21
Maret 2016
|
22
Maret 2016
|
|
5
|
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan
apa saja yang ada pada sistem
|
1
|
22
Maret 2016
|
23
Maret 2016
|
|
6
|
Menggali informasi proses bisnis pada data toko dunia palembang
|
1
|
23
Maret 2016
|
24
Maret 2016
|
|
7
|
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
|
2
|
24
Maret 2016
|
26
Maret 2016
|
4,5,6
|
8
|
Mendifinisikan kebutuhan sistem
|
2
|
26
Maret 2016
|
28
Maret 2016
|
4,5,6
|
9
|
Analisis Kebutuhan
|
5
|
28
Maret 2016
|
2
April 2016
|
3
|
10
|
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada
|
1
|
28 Maret 2016
|
29 Maret 2016
|
3
|
11
|
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis
kepada stakeholder
|
2
|
29 Maret 2016
|
31 Maret 2016
|
|
12
|
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan
penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
|
2
|
31 Maret 2016
|
2
April 2016
|
3
|
13
|
Pembuatan Prototype
|
7
|
2
April 2016
|
9
April 2016
|
|
14
|
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
|
7
|
2
April 2016
|
9
April 2016
|
|
15
|
Membuat prototype
|
7
|
2
April 2016
|
9
April 2016
|
2
|
16
|
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
|
2
|
9
April 2016
|
11
April 2016
|
|
17
|
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
|
1
|
9
April 2016
|
10
April 2016
|
14
|
18
|
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
|
1
|
10
April 2016
|
11
April 2016
|
|
19
|
Implementasi Sistem
|
25
|
11
April 2016
|
6
Mei 2016
|
|
20
|
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui
stakeholder
|
10
|
11
April 2016
|
21 April
2016
|
13,16
|
21
|
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui
stakeholder
|
10
|
21
April 2016
|
1
Mei 2016
|
13,16
|
22
|
Penggabungan sistem dan interface
|
3
|
1
Mei 2016
|
4
Mei 2016
|
20,21
|
23
|
Uji Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
|
2
|
4
Mei 2016
|
6
Mei 2016
|
19
|
24
|
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
|
4
|
6
Mei 2016
|
10
Mei 2016
|
19
|
25
|
Evaluasi kepada stakeholder
|
2
|
6
Mei 2016
|
8
Mei 2016
|
|
26
|
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah
disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
|
2
|
8
Mei 2016
|
10
Mei 2016
|
|
27
|
Roll Out
|
5
|
10
Mei 2016
|
15
Mei 2016
|
|
28
|
Mencari jasa hosting
|
1
|
10
Mei 2016
|
11
Mei 2016
|
|
29
|
Membeli jasa hosting
|
1
|
11
Mei 2016
|
12
Mei 2016
|
28
|
30
|
Mendeploy
|
2
|
12
Mei 2016
|
14
Mei
2016
|
19
|
31
|
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
|
1
|
14
Mei 2016
|
15
Mei 2016
|
|
32
|
Testing
|
5
|
15 Mei 2016
|
20 Mei 2016
|
|
33
|
Pembuatan skenario pengujian
|
1
|
15
Mei 2016
|
16
Mei 2016
|
19
|
34
|
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario
pengujian
|
1
|
16
Mei 2016
|
17
Mei 2016
|
|
35
|
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
|
3
|
17
Mei 2016
|
20
Mei 2016
|
|
36
|
Support
|
5
|
20
Mei 2016
|
25
Mei 2016
|
|
37
|
Perencanaan pembuatan tim support
|
2
|
20
Mei 2016
|
22
Mei 2016
|
|
38
|
Perencanaan tugas tim support
|
2
|
22
Mei 2016
|
24
Mei 2016
|
37
|
39
|
Pemilihan anggota tim support
|
1
|
24
Mei 2016
|
25
Mei 2016
|
38
|
40
|
Menjalankan tim support
|
0
|
-
|
-
|
39
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar